Welcome to blog Angga Ardinata

Minggu, 09 September 2012

TIDUR PAGI

TIDUR PAGI
Kebiasaan buruk yang membahayakan
 
Saudaraku, ingatlah bahwa orang orang sholih terdahulu sangat membenci tidur pagi. Kita dapat melihat ini dari penuturan Ibnul Qoyyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur. Yakni dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang waktu.
Beliau Rahimahulloh mengatkana, “bahwa tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulakan bahaya bagi badan.”
Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :
1.     Tidur ketika sangat butuh
2.    Tidur diawal malam (ini mebih bermanfaat dari pada tidur diakhir malam.
3.    Tidur dipertengahan siang, ini lebih bermanfaat dari pada tidur diwaktu pagi dan sore. Apalagi diwaktu pagi dan sore sngat sedikit seklai manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya ditimbulkan, lebih lebih tidur diwaktu ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.
Menurut para salaf tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktiu tersebut adalah waktu untuk menuai ghanimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang orang shalih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalaman suntuk, merekeka tidak mau tidur di waktu pagi tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalaah waktu terbukanya pintu rezeki dan datangnya barakah (banyak kebaikan).” [1]
Bahaya tidur pagi
1.     Tidak sesuai dengan petunjuk Al-quran dan As-sunnah
2.    Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafushalih (genereasi terbaik ummat ini). Bahkan merupakan perbuatan yang dibenci.
3.    Tidak mendapatkan barakah didalam waktu dan amalannya
4.    Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya
Maksud dari hal ini dapat dilihat dari perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahulloh berkata, “Pagi hari bagi seorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya, “[2] amalan seseorang diwaktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang diawal pagi sudah malas malasan dengan tidur pagi, maka sore harinya dia juga akan malas malasan pula.
5.    Menghambat datangnya  rizki
Ibnul Qoyyim berkata, “empat hal yag menghambat datangnya rizki adalah : (1) tidur di waktu pagi, (2) sedikit shalat, (3) malas malasan dan (4) berkhianat.”[3]
6.    Menyebut berbagai penyekit badan, diantaranya adalah melemahkan syahwat.[4]


[1][1] Madarjus slaikin 1/459 maktabah syamilah
[2] Miftah daris sa’adah, 2/216
[3] Zaadul ma’ad 4/378
[4] Ibid 4/222

Tidak ada komentar:

Posting Komentar